logo

CCTV ACO

CORONA MAHKAMAH AGUNG

on . Dilihat: 2403

Sejarah Singkat Pengadilan Agama Metro Kelas IA

 

1. Profil Pengadilan Agama Metro Kelas IA

Eksistensi Pengadilan Agama Metro sebagai salah satu Satuan Kerja dilingkungan Peradilan Agama adalah berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama No. 195 Tahun 1968 tanggal 28 Agustus 1968 tentang penambahan pembentukan Pengadilan Agama/Mahkamah Syariah Ex Kewedanan Metro.

Sebagai lembaga Yudikatif, Pengadilan Agama Metro merupakan Pengadilan Tingkat Pertama diwilayah Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung yang berada dalam lingkup Mahkamah Agung Republik Indonesia. Hal ini merupakan tanggungjawab untuk melaksanakan tugas dan fungsinya yang diamanatkan oleh masyarakat dan rakyat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi.

Pengadilan Agama Metro merupakan salah satu pelaku kekuasaan kehakiman bagi rakyat pencari keadilan yang beragama Islam mengenai perkara perdata tertentu pada tingkat pertama yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2006 dan perubahan kedua dengan Undang-undang Nomor 50 Tahun 2009 yang berada di wilayah yurisdiksi Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung, maka Pengadilan Agama Metro dalam melayani dan mengayomi masyarakat pencari keadilan, melaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan tersebut.

sejarah metro

Gambar: Gedung Lama Pengadilan Agama Metro di Jl. A. Yani No. 217 Kota Metro

Pengadilan Agama Metro beralamat di Jalan Stadion 24B Kelurahan Tejo Agung, Kecamatan Metro Timur, Kota Metro. Wilayah hukum Pengadilan Agama Metro meliputi 1 (satu) kota yakni Kota Metro yang terdiri dari 5 kecamatan dan 22 kelurahan.

 BANGUNAN KANTOR PA METRO

Gambar: Gedung Baru Pengadilan Agama Metro

Sejak berdirinya sampai sekarang, Sumber daya manusia Pengadilan Agama Metro dan roda organisasi Pengadilan Agama Metro telah beberapa kali berganti sampai sampai sekarang. Ketua Pengadilan Agama Metro telah berganti 19 (Sembilan Belas ) kali berturut-turut sebagai berikut :


1.    KH. HUSEN  (Tahun 1960 - 1974)

2.    H.M. SANUSI, BA   (Tahun 1974 - 1979)

3.    KH. ZUBAIR NUR  ( Tahun 1980 - 1981)

4.    H. ABDULLAH DHIA, S.H.  (Tahun 1982 - 1983)

5.    Drs. ZAINUDDIN   (Tahun 1983 - 1987)

6.    Drs. FACHRURROZI HARLI  (Tahun 1987 - 1990)

7.    Drs. H. SAMARCANDY NAWAWI (Tahun 1992 - 1995)

8.    Drs. MUFTI HAMZAH (Tahun 1995 - 2000)

9.    Drs HUSNA RUNUN, MA (Tahun 2000 - 2003)

10.  Drs. SAMSUL MA'ARIF, S.H. (Tahun 2004 - 2005)

11.  Drs. AHMAD CHOIRAN ARIEF, M.H. (Tahun 2005 - 2006)

12.  Drs. MOHD. SENIL JAHIDAN (Tahun 2006 - 2010)

13. Drs. H. MUHAIMIN, M.H. (Tahun 2010 - 2013)

14. H. MUHSIN YAMASHITA (Tahun 2013 - 2014)

15. Drs. H.K.M JUNAIDI, S.H., M.H. (Tahun 2014 -2016)

16. Drs. IKHSAN, S.H., M.H. (Tahun 2016 - 2017)

17. Drs. H. MA'MURI, S.H., M.S.I (Tahun 2017 - 2020)

18. Drs. H. ABD. MALIK, S.H., M.S.I (Tahun 2020 - 2021)

19. Drs. H. M. KAHFI, S.H., M.H. (Tahun 2021 - Sekarang)

 

2. Capaian dan Inovasi Pengadilan Agama Metro Kelas IA

Tinta emas prestasi dalam bentuk pencapaian telah Pengadilan Agama Metro goreskan. Misalnya, dalam rangka memperingati HUT PTA Bandar Lampung, Pengadilan Agama Metro meraih lima penghargaan dari 11 kategori perlombaan antara lain: juara pertama upload putusan, juara pertama penyelesaian perkara, juara pertama dekorum ruang sidang, juara pertama website, dan juara kedua penilaian prestasi operator SAIBA, SIMAK-BMN dan barang persediaan. Hal ini tentu saja merupakan kebanggaan dan menjadi motivasi bagi

Pengadilan Agama Metro untuk terus maju dan berupaya agar keberhasilan ini dapat terus dijaga dan ditingkatkan lebih baik lagi demi memberikan pelayanan prima kepada seluruh pencari keadilan dan terwujudnya Zona Integritas di Pengadilan Agama Metro.

Selain itu, prestasi secara personal pun tak kalah gemilang. Misalnya seperti yang didapat oleh Hakim Madya Utama, Drs. Aminuddin, meraih peringkat pertama terbaik dalam Pelatihan English Effective Presentation bagi Hakim Juru Bicara Pengadilan di Pusdiklat Menpim Mahkamah Agung RI Megamendung Bogor. Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Pengadilan Agama Metro. Penetapan Drs. Aminuddin sebagai peserta terbaik disampaikan oleh panitia penyelenggara dalam Acara Penutupan Mentoring Leader (Leader As A Coach) bagi Ketua/Kepala Pengadilan dan Pelatihan English Effective Presentation bagi Hakim Juru Bicara. Keberhasilan ini tentu saja memberikan motivasi lebih ke seluruh Pimpinan, Hakim dan pegawai Pengadilan Agama Metro agar lebih meningkatkan kinerja dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi sebagai aparatur Pengadilan Agama.

Pencapaian Pengadilan Agama Metro dalam penanganan perkara salah satunya adalah dalam aspek keberhasilan mediasi. Mediator Pengadilan Agama Metro Drs. Aminuddin telah berhasil menyelesaikan perkara harta bersama pada perkara Nomor 0343/Pdt.G/2020/PA.MT. Mediasi yang dilakukan selama 2 minggu ini pada awalnya berjalan alot karena kedua belah pihak bersikeras untuk tidak ingin berdamai. Namun, dengan segala upaya yang dilakukan oleh mediator, akhirnya mediasi membuahkan hasil yang terbaik dengan perdamaian dan kesepakatan bersama antara para pihak.

Pada hari itu juga perkara kemudian disidangkan oleh majelis hakim dengan Ketua Majelis, Drs. Waljon Siahaan, S.H., M.H. dan diputus dengan Akta Vandading. Pada Semester Pertama Tahun 2020 ini, Pengadilan Agama Metro meraih tiga penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas peningkatan prestasi kerja Pengadilan Agama Metro, yaitu peringkat kedua Kinerja SIPP sewilayah PTA Bandar Lampung yang selama tiga bulan berturut-turut berada di peringkat 10 besar nasional, penghargaan atas publikasi/upload putusan (100% dari Januari-Juni 2020) dan nilai maksimal pada kinerja Pengadilan Agama kategori Sumber Daya Manusia.

Selain meraih prestasi Pengadilan Agama Metro juga telah melakukan inovasi dalam hal administrasi persuratan dengan menciptakan Aplikasi Register Surat Masuk dan Surat Keluar. Aplikasi ini diberi nama “e-Telurasin” yaitu Elektronik Telusur Administrasi Surat Internal. Sistem kerja Aplikasi e-Telurasin ini sangat mudah, dimana pimpinan mempunyai username tersendiri untuk login kedalam aplikasi ini. Kemudian surat yang masuk ke bagian umum akan dipindai lalu diinput oleh bagian umum sehingga secara otomatis surat tersebut langsung terdisposisi ke Sekretaris diteruskan disposisi ke bagian terkait sesuai dengan isi surat. Aplikasi e-Telurasin ini mempermudah pendisposisian surat dan menjadikan kearsipan surat menjadi rapi dan lebih mudah untuk diakses.

Pengadilan Agama Metro sangat aktif untuk mengikuti kegiatan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), apresiasi Walikota kepada Pengadilan Agama Metro dan Forkopimda lainnya dalam bersama sama memajukan Kota Metro.

 

 

 

Hubungi Kami

PENGADILAN AGAMA METRO

Jalan Stadion 24 B Tejo Agung Metro Timur

Kota Metro,  Provinsi Lampung.

Telp :  0725 45068

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor